Ciri Utama Anak Butuh Terapi Wicara

Tindakan medis mungkin akan dibutuhkan jika anak Anda mengalami masalah kesulitan atau gangguan pada kemampuan bicaranya. Tujuannya adalah untuk menghindari masalah gangguan bicara jangka panjang bagi anak Anda.

Akan tetapi untuk mengetahui gangguan wicara pada anak, Anda harus tahu dahulu apa saja ciri gangguan wicara pada anak sehingga Anda bisa memberikan terapi wicara yang lebih cepat agar anak mendapatkan pertolongan. Ingin tahu apa saja ciri anak dengan gangguan wicara ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Sulit menyelesaikan kata atau kalimat

Salah satu ciri anak yang mengalami gangguan wicara adalah ketika anak sulit menyelesaikan kata atau kalimat yang diinginkannya. Hal ini sangat umum terjadi pada anak dalam proses belajar berbicara. Akan tetapi jika anak Anda sudah mulai bicara dalam waktu yang cukup lama tapi ia tetap sulit menyelesaikan kata atau kalimatnya hal ini bisa jadi merupakan salah satu tanda anak Anda membutuhkan pertolongan berupa tindakan medis.

Biasanya anak yang mengalami gangguan wicara dengan ciri ini akan mengulang suku kata dan tidak bisa melanjutkannya. Selain itu, ketika anak bicara, anak sering kali berhenti pada huruf-huruf tertentu. Jika anak Anda mengalami hal ini, akan lebih baik segera lakukan konsultasi pada dokter yang Anda kenal atau dokter yang tenaga medis lain yang lebih mengerti.

Bicara tidak jelas

Salah satu gangguan wicara biasanya ditunjukkan dengan ciri bicara yang tidak jelas. Anak-anak pada umumnya juga memiliki gejala seperti ini saat mereka belajar bicara. Akan tetapi perlu Anda tahu bahwa ketidakjelasan artikulasi ini tidak akan berkembang seiring dengan pertambahan usia anak.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui proses pertumbuhan pada anak secara umum. Sesungguhnya masing-masing anak memiliki waktu bertumbuh masing-masing. Akan tetapi jika anak Anda masih bicara dengan artikulasi yang tidak jelas, padahal anak Anda sudah memiliki usia lancar bicara, ini adalah waktu yang tepat untuk mulai konsultasi untuk melakukan terapi wicara.

Umumnya, tindakan memang dibutuhkan saat anak bicara tapi tidak banyak yang bisa memahami apa yang disampaikan anak. Hal ini wajar jika anak berada di usia balita. Akan tetapi jika usia anak sudah lebih dari 5 tahun dan pembicaraannya masih kurang bisa dimengerti, akan lebih baik jika Anda segera konsultasi.

Kosa kata yang minim

Umumnya, di setiap jenjang usia anak akan menguasai lebih banyak kosa kata baru. Akan tetapi hal ini tidak akan terjadi pada anak yang mengalami gangguan wicara. Anak yang memiliki masalah gangguan wicara umumnya memiliki kosa kata yang lebih minim dibandingkan dengan kosa kata anak seusianya.

Lalu berapa kosa kata anak yang normal? Cek list berikut ini

  • Anak usia 6 bulan hingga 12 bulan 4-5 kata (artikulasi tidak jelas)
  • Anak usia 18 bulan mengenali 10 hingga 20 kata (nama orang dan objek)
  • Anak usia 2 tahun mengenali minimal 50 kata
  • Anak usia 2,5 tahun mengenali setidaknya 400 hingga 800 kosa kata
  • Anak usia 3 tahun mengenai 900 hingga 1.500 kata

Dengan mengetahui standar sendiri, Anda bisa mengira-ira sendiri bukan apakah anak Anda akan membutuhkan tindakan medis karena gejala kosa kata yang kurang ini.

Sesungguhnya, lebih banyak lagi gejala yang harus Anda sadari saat anak Anda membutuhkan pertolongan. Karena tiap gangguan wicara beda juga gejalanya. Untuk tahu lebih lengkap mengenai jenis gangguan ini Anda bisa pelajari lebih lanjut mengenai terapi wicara untuk anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *