6 Hal Yang Harus Dilakukan Pada Hari Gajian Anda Untuk Mengelola Uang Dengan Lebih Baik

Pengelolaan uang yang tepat tidak mengharuskan Anda menjadi ahli matematika atau bersikap keras pada diri sendiri, tetapi ini lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan. Hidup jauh lebih mudah ketika Anda mengenakan keterampilan finansial di lengan baju Anda. Jika Anda kesulitan mengelola uang seperti hidup dari gaji ke gaji meski menghasilkan lebih dari cukup uang, maka tip gaji ini akan sangat berguna bagi Anda.

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang memiliki beberapa rekening bank, kartu kredit, rekening pensiun, dll. Seringkali mendapatkan pegangan dan memahami sepenuhnya keadaan keuangan Anda mungkin tampak menakutkan dan perjuangan yang berat. Salah satu ukuran utama yang perlu diingat adalah bahwa hanya karena uang ada di sana, bukan berarti Anda dapat melakukan pembelian. Anda juga harus mempertimbangkan tagihan dan pengeluaran yang harus Anda bayarkan sebelum hari gajian berikutnya. Jika Anda tidak mengambil langkah yang tepat untuk mengatur diri dan mulai mempelajari cara-cara untuk mengelola uang yang lebih baik, Anda akan merasa seperti berenang melawan arus.

Berikut adalah cara mengelola uang gajian dan beberapa strategi luar biasa yang telah dicoba dan diuji yang dapat Anda terapkan pada hari gajian untuk mengelola uang secara efektif.

Rencanakan Anggaran

Ini adalah langkah pertama untuk menaiki tangga kendali keuangan: Buat anggaran jika Anda belum melakukannya. Apakah Anda masih bertanya-tanya apakah ini perlu? Kemudian pikirkan mengapa wiper kaca depan penting saat hujan. Ya, alasan yang sama! Tidak ada jalan keluar dari perencanaan anggaran Anda.

Membuat dan mempertahankan anggaran mungkin tampak sedikit sulit untuk dicapai pada awalnya, tetapi pada akhirnya akan terbayar, {no pun intended}. Tindakan penganggaran membantu kita melihat situasi keuangan kita dengan transparansi penuh, dan ini sangat penting untuk mengelola uang dengan cara yang lebih baik. Ini seperti mempercepat langkah pertama untuk melunasi hutang dan mulai menabung untuk pengeluaran masa depan seperti rumah, mobil, dan masa pensiun Anda. Inilah yang akan membawa keseimbangan dalam kehidupan finansial Anda dan memberi Anda ketenangan pikiran.

Pahami Pengeluaran Anda & Prioritaskan

Berapa banyak uang yang Anda keluarkan dalam sebulan? Tidak bisa memikirkan angka pasti? Ya, kebanyakan orang tidak bisa, jadi jangan merasa bersalah karena tidak sadar adalah dilema yang umum. Meskipun ada solusi yang mudah – Lacak semua pengeluaran Anda selama satu bulan. Simpan semua tanda terima Anda {utilitas, bahan makanan, tagihan restoran, dll.}, Gulir melalui laporan bank Anda, dan tambahkan semua pengeluaran Anda pada hari gajian. Namun, jangan lupa pengeluaran uang tunai dan kartu kredit.

Idenya adalah mempertanggungjawabkan semua biaya Anda {baik tetap maupun variabel} untuk mendapatkan jumlah total. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat gambaran keseluruhan dari sebuah rencana dengan lebih baik. Anda juga ingin membandingkan kinerja Anda dari waktu ke waktu. Menjadi sadar diri adalah pencapaian luar biasa itu sendiri, perkuatlah!

Buat Dana Darurat

Mengingat kita sedang menjalani kehidupan pandemi di tahun 2020, apa pun bisa terjadi kapan saja, dan ada baiknya untuk bersiap. Dana darurat adalah bagian penting dari rencana keuangan pribadi yang sehat. Dalam hampir semua kasus, Anda tidak boleh menyentuh atau mengambil uang dari dana; alih-alih, biarkan saja di sana menghasilkan bunga. Jika Anda kehilangan pekerjaan atau timbul biaya yang tidak menguntungkan atau tidak terduga, seperti mobil Anda mogok atau pohon tumbang di atap Anda atau bahkan jatuh sakit, inilah saatnya Anda harus menyadapnya.

Secara keseluruhan, tetap terinformasi dengan baik, praktikkan manajemen keuangan yang baik untuk menikmati kehidupan yang bebas stres, dan mungkin suatu hari Anda akan menjadi guru keuangan pribadi berikutnya dan memiliki ribuan orang yang berbagi konten Anda dan mencari keahlian Anda tentang cara terbaik untuk mengelola uang. Apa pun mungkin, ingat? Banyak orang lain telah melakukannya, dan Anda juga bisa.

Konsolidasi Hutang Anda

Kata mengerikan yang mendorong pelarian – ‘Hutang’ – Tidak ada yang menyukainya. Yang benar adalah bahwa kebanyakan orang membutuhkan bantuan untuk mengelola uang dan keluar dari hutang. Kedengarannya akrab? Jika Anda seperti mayoritas orang India (67%), kemungkinan besar Anda memiliki kewajiban. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengendalikannya dan berusaha menyingkirkannya. Jika Anda memiliki hutang kartu kredit, pinjaman apa pun, atau kewajiban lainnya; melihat untuk mengkonsolidasikan mereka dan mencoba untuk mendapatkan tingkat bunga serendah mungkin. Sekali lagi, ini semua tentang mengambil langkah yang tepat untuk mengontrol keuangan Anda.

Ada pilihan mudah di luar sana yang memungkinkan Anda menggabungkan beberapa hutang tanpa jaminan seperti kartu kredit, pinjaman pribadi, dan pinjaman gaji, menjadi satu tagihan daripada membayarnya satu per satu. Jika Anda hanya memiliki satu kewajiban dan memiliki anggaran yang ketat, coba belanjakan setidaknya jumlah minimum segera setelah gaji Anda mencapai akun Anda. Jika Anda berhasil membuka saluran pendapatan alternatif, coba lakukan pembayaran yang sama beberapa minggu kemudian (Sebelum tanggal jatuh tempo resmi berikutnya). Coba pertahankan siklus pembayaran ini sampai hutang Anda lunas lebih cepat dari sebelumnya.

Memangkas Biaya yang Tidak Perlu

Apakah Anda penggemar berat Starbucks? Jika Anda membeli Venti Caffe Latte setiap hari (sama enaknya), harganya sekitar INR 280 dari dompet Anda. Lipat gandakan, dan Anda bisa menghabiskan sekitar satu lakh rupee setahun hanya untuk kopi! Mungkin, mungkin saja, pertimbangkan untuk membuat campuran Anda di rumah atau membeli minuman yang dibeli di toko untuk menghemat uang? Membayar untuk keanggotaan gym tetapi melakukan yoga di halaman belakang rumah Anda? Batalkan. Berlangganan 3 majalah tapi hanya membaca Vogue? Ayo!

Pikirkan baik-baik tentang semua hal yang Anda bayar tetapi dapat hidup tanpanya dan tidak perlu. Ingat, idenya adalah belajar bagaimana berimprovisasi pada manajemen keuangan dengan memperhitungkan setiap sen. Jadi, lakukan pembersihan musiman dan kurangi pengeluaran di mana pun Anda melihat peluang dan terutama jika itu adalah sesuatu yang tidak terlalu memengaruhi hidup Anda.

Gunakan Aplikasi Keuangan Pribadi

Keuangan Anda sudah rumit; mari kita ubah itu. Bagaimana Anda bertanya? Mulailah dengan mengembangkan waktu dan menyingkirkan kalkulator Casio Anda. Ada alat baru dan gratis di luar sana yang akan menunjukkan kepada Anda cara sistematis dan mudah untuk mengelola uang serta melakukan semua tugas penganggaran keras atas nama Anda.

Aplikasi digibank adalah tempat paling nyaman dan terpercaya untuk memulai perjalanan finansial Anda. Selain membantu Anda mengatur dengan lancar, ini juga memungkinkan Anda untuk mentransfer uang secara gratis, berinvestasi di Reksa Dana tanpa biaya transaksi, mendapatkan pinjaman instan & asuransi kesehatan instan, juga memungkinkan Anda melihat semua saldo bank Anda yang lain dalam satu aplikasi tunggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *